Gua Pindul Memang Cantik, Makanya Jadi Rebutan

Header Menu


Gua Pindul Memang Cantik, Makanya Jadi Rebutan

03 March 2013

gua pindulBukan hanya jadi salah satu aset wisata terbaik di DI Yogyakarta, tapi gua pindul itu memang cantik, makanya jadi rebutan. Tidak hanya para wisatawan pecandu cave tubing yang ingin menikmati keindahan dan sensasi yang ada di gua pindul yang suka menggoyang ban di aliran sungainya, tapi klaim dari pengelola yang merasa berhak untuk memiliki juga menambah pengakuan atas kemolekan atau kecantikan obyek wisata ini makin mak cetaaaaar..!! meloncat kepermukaan

Sumprit, kalau hanya tokoh abstrak gadis cantik jamilah anak pak lurah yang di gambarkan (almrh) manthous sebagai perempuan molek dan santun itu masih kalah menariknya di banding gua pindul. Struktur gua yang ber stalagtit dan stalagmit beserta mitos-mitos yang membalut keunikan gua pindul juga membuat keranjingan para maniak wisata alam yang berada wilayah Dusun Gelaran I, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Keindahan gua pindul yang mempunyai panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, ketinggian permukaan air dari atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m ini sangat seru untuk ditelusuri lengang lenggok aliran sungainya. Untuk gambarannya anda bisa mengintip visual aslinya dari map google pada Koordinat GPS: S7°55'50.4" E110°38'58"

gua pindulInfo terbaru tentang gua pindul ini bukan ritual mana suka siaran niaga yang pernah jadi produk andalan TVRI di era 70an lalu, tapi fakta membuktikan kalau gua pindul memang layak untuk diperebutkan, dan yang beginian mungkin hanya bisa ditemukan di tipswsatamurah.com ini. Saking asyiknya karena semua merasa memiliki perseteruanpun terjadi, sampai mulai dari gubernur, aparat kepolisian sampai dinas pariwisata ikutan cawe cawe memetakan riwayat bibit, bebet dan bobot untuk calon yang layak bagi gua pindul, hehehehe. Info selengkapnya pelajari di Menyisir Keindahan Gua Pindul Gunungkidul Yogyakarta ini

Kenapa Gua Pindul jadi Rebutan
Mungkin anda akan ikutan terbelalak kalau mengetahui pendapatan wisata gua pindul ini mencapai 2,6 milyar setahun yang hampir menyamai PAD seluruh pendapatan dari semua obyek wisata yaang ada di gunungkidul yang mencapai 3,8 miliar. Menurut tribunjogja, pada awalnya gua pindul ini hanya dikelola oleh kelompok Dewa Bejo dengan SK Pemerintahan Desa Bejiharjo yang mewajibkan kelompok tersebut harus menyetor 25 juta pada kas desa.

Namun seiring membludaknya wisatawan yang berkunjung, kemudian masuklah 2 kelompok lagi, ia itu Panca Wisata dan Wira Wisata. Pada awalnya adem ayem tidak terjadi apa apa, tapi karena gesekan waktu, akhirnya gua pindul itu diperebutkan


foto 1: remaja.suaramerdeka.com
foto 2: Jenar Aribowo (Awan Tenggara)